-

Jumat, 04 Mei 2018

Hal yang menyebabkan kentut

Hal yang menyebabkan kentut,- Kentut memang menyehatkan. Tetapi kalau berlebihan, rasanya menyebalkan sekali. Penyebab kentut sebenarnya adalah karena adanya udara yang terlalu banyak dalam perut. Sehingga tubuh mengeluarkannya melalui kentut.

Lantas apa yang membuat udara bisa terperangkap di dalam perut? Simak berbagai hal yang menyebabkannya berikut ini:

Makanan berfruktosa
Segala makanan yang mengandung karbohidrat bentuk fruktosa paling susah dicerna dalam usus kecil. Sehingga makanan itu akhirnya masuk ke usus besar dan difermentasi oleh bakteri kemudian menghasilkan kentut. Beberapa makanan berfruktosa di antaranya adalah cherry, bawang bombai, kacang-kacangan, kubis, apel, jamur, dan jagung.

Merasa cemas
Banyak orang merasa ada yang salah dengan perutnya saat tertekan. Memang hal itu wajar, sebab secara tidak sadar kondisi stres dan cemas membuat seseorang menghirup banyak udara melalui mulutnya.

Minum di sela-sela makan
Selesaikan makanan Anda sebelum meneguk air. Sebab minum air di sela-sela makan membuat Anda menelan udara sehingga memicu kentut. Selain itu hindari kebiasaan makan sambil berdiri, berjalan, dan menonton TV. Nikmati makanan Anda pelan-pelan untuk menghindari masuknya udara berlebihan ke dalam perut melalui mulut.

Olahraga berlebihan
Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa sebanyak 71 persen pelari mengalami masalah pencernaan, seperti kembung dan sering kentut. Rupanya olahraga berlebihan dan memaksakan diri melakukan aktivitas fisik yang terlalu keras juga bisa membuat udara masuk ke perut dan menyebabkan kentut.

Baca juga :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar